silakhudin

Contoh Materi Pidato

Setiap tahun ajaran seringkali saya dimintai oleh murid memberi contoh bagaimana pidato yang bagus.  Biasanya bebarengan dengan materi pelajaran bahasa Indonesia terkait pidato. Saya tahu tapi berhubung bukan ahlinya sehingga saya tak berani memperagakan. Malah ngisin-isini nanti 🙂 . 

Paramternya sederhana, jika isi pidato itu tak membuat audience terkantuk-kantuk maka disitulah kebagusannya.  Tapi kalau mau yang bertele-tele saya kutip dari pak guru google. Cara membuat pidato :

[spoiler]

 

  1. Tentukan tema besar yang akan disampaikan kepada para audien. Salah satu cara tersukses untuk menulis pidato Anda adalah dengan cara banyak membaca buku dan menulis teks pidato Anda.
  2. Jarak Anda mempersiapkan pidato dengan kegiatan hari H nya adalah 3 hari, oleh sebab itu menulis pidato jangan ditulis secara dadakan supaya Anda punya kesempatan untuk persiapan secara maksimal untuk menguasai dan menghapalkan teks pidato Anda dan siap untuk tampil di depan para audien.
  3. Menulis pidato berbeda dengan menulis diary, oleh karena itu carilah beberapa contoh teks pidato yang biasa dijual di toko buku sekaligus cari juga beberapa trik supaya Anda bisa tampil sempurna di hadapan audien.

Setelah Anda berhasil persiapan untuk menulis pidato Anda, maka berikut ini adalah runtutan teks pidato yang lazim dipakai di depan audien saat berpidato

  1. Salam. Saat anda menulis pidato, pastikan  kalimat salam ada di awal teks pidato, salam ini harus disesuaikan dengan keyakinan dan segementasi audien yang ada.
  2. Ucapan Syukur kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberi kenikmatan. Ucapan ini lazim harus ada dalam teks pidato saat Anda menulis pidato, mengingat audien adalah umat beragama
  3. Ucapan terima kasih harus ada saat anda menulis pidato. Ucapan terima kasih ini tampak sepele dan tidak memakan banyak paragraf dalam teks pidato Anda, tetapi itu bentuk penghargaan kepada audien yang rela mendengarkan pidato Anda dan kepada panitia yang telah berlelah-lelah mempersiapkan kegiatan pidato Anda.
  4. Inti gagasan yang ingin Anda sampaikan. Inti gagasan ini harus dicantumkan saat menulis pidato Anda, kecuali jika terbiasa berpidato, Anda cukup menulis garis besar gagasan yang akan dipidatokan. Tetapi jika Anda seorang pemula, menulis pidato ini wajib hukumnya, supaya Anda bisa melihat teks pidato saat lupa dan Anda pun terhindar dari cemoohan audien.
  5. Kesimpulan yang disampaikan meliputi ringkasan inti gagasan yang telah disampaikan. Kesimpulan ini biasanya menghabiskan satu sampai dua paragraph dalam teks pidato. Oleh sebab itu saat Anda menulis pidato, biasakan untuk menulis ringkasan pidato Anda yang simple saja. Hal ini dilakukan untuk membantu audien untuk mengerti maksud gagasan Anda.
  6. Penutup. Saat menulis pidato, jangan lupa untuk menulis kalimat penutup dalam teks pidato Anda. Anda dapat memberi beberapa kata penutup kemudian salam kepada para audien, kalimat penutup ini  menjadi tanda bahwa aktivitas pidato Anda telah usai. Teks pidato yang telah Anda buat harus Anda simpan, supaya bisa Anda sampaikan kembali jika Anda diminta dadakan untuk memberi pidato.
sumber dari : http://www.anneahira.com/menulis-pidato.htm

[/spoiler]

Ada baiknya jika Anda sesekali mendengar pidato dari beberapa tokoh nasional, tokoh nasional yang biasa dijadikan sebagai rujukan adalah Bung Karno, selain itu Anda pun coba sesekali membaca teks pidato untuk kemudian anda ikuti gaya menulis pidatonya.

Jika hal tersebut telah Anda lakukan, buatlah modifikasi pidato yang disesuaikan dengan gaya Anda, tunggu saja, dalam waktu dekat orang lain akan berbondong-bondong meminta Anda berpidato di depan audien terkenal.

Oke, langsung saja saya kasih contohnya, diambil dari youtube :
KH Zainuddin MZ – 10 Golongan Teman Syaitan
[spoiler][youtube Y1RSgl9mw68][/spoiler]

KH Zainuddin MZ – Bila Doa Tak Terjawab
[spoiler][youtube fONMtQiiRkk][/spoiler]

KH Zainuddin MZ – Cobaan Hidup
[spoiler][youtube s654qpNczRQ][/spoiler]

KH Zainuddin MZ – Harta, Takhta & Wanita
[spoiler][youtube aKeKUEzQI6w][/spoiler]

KH Zainuddin MZ – Mencari Jodoh
[spoiler][youtube JJlFxI67YEs][/spoiler]

KH Zainuddin MZ – Nabi Adam.mp3
[spoiler][youtube LWVAjHywxwA][/spoiler]

KH Zainuddin MZ – Neraka
[spoiler][youtube zhYwpOV_NKM][/spoiler]

KH. Jaenudin MZ – Calon Penghuni Surga http://www.youtube.com/watch?v=LtFtpx_Ba6Y
[spoiler][youtube Y1RSgl9mw68][/spoiler]

 

Comments are closed.