silakhudin

Profile

SHILAKHUDIN, di malhikdua school akrab disapa dengan panggilan pak Shilah. Lahir di kecamatan Balapulang kabupaten Tegal pada tanggal 2 Juli 1984. Kota yang hampir setiap kecamatannya memiliki industri andalan. Hampir mayoritas penduduknya mempunyai industri rumahan, sehingga Tegal sering disebut dengan kota industri. Tidak berbeda dengan kecamatan lainnya, Balapulang juga mempunyai kekhasan, yaitu kecamatan yang mayoritas pemudanya berprofesi sebagai tukang kayu.

Sesuai dengan keinginan orang tua saya yang hanya tukang kayu dan guru diniyah, saya berhasil menyelesaikan pendidikan mulai dari MI sampai MTs Tasywiriyah Balapulang. Setelah lulus dari MTs saya tidak berpikiran untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi karena harus melihat tiga adik saya.

\”Ya wis lah, aku ga sekolah ga papa, tapi setiap bulan saya harus dibelikan buku bacaan..”  kalimat yang terbenak dalam lamunanku di gedung MTs lantai tiga. Tapi sinyal keinginan belajar saya rupanya nyambung dengan keinginan orang tua. Kata beliau saya akan disekolahkan di pondok pesantren Al Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes. Alhamdulillah.

Tiga tahun terasa sangat singkat di MA Al Hikmah 2. Saya melanjutkan di Ma\’had ‘Aly Al hikmah 2 jurusan Tafsir Hadits selama dua tahun. Selesai dari Ma\’had mendapat tugas untuk mengelola perpustakaan di MA Alhikmah 2. Tahun 2006 kuliah di IKIP PGRI Semarang Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) jurusan PBSI (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) sampai 2009. Di awal masa kuliah itulah saya mulai diberi kepercayaan untuk mengajar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di MA Alhikmah 2 hingga sekarang.

Di sela-sela tugasnya sebagai guru sekaligus sebagai pustakawan, saya membuat komunitas menulis untuk para siswa yang sekaligus sebagai santri, yang sampai sekarang diberi nama \”Bengkel Tinta”. Nama tersebut adalah hasil musyawarah para anggota yang bergabung di dalam komunitas menulis. Apapun namanya itu adalah hasil karya siswa. Prinsipnya tetap satu yaitu \”Banyak baca banyak tahu, banyak ilmu makin maju”. Di sinilah saya mempraktekkan salah satu teori pembelajaran modern yaitu teaching is the guidance of learning.

Leave a Reply